Minangka sarana pawiyatan kelas XI SMA/SMK/MA Pasinaonan Basa Jawa
Serat Wedhatama
PUPUH III
P U C U N G
01
P U C U N G
01
Ngelmu
iku, kalakone kanthi laku, lekase lawan kas, tegese kas nyantosani, setya budya
pangkese dur angkara.
Ilmu
(hakekat) itu diraih dengan cara menghayati dalam setiap perbuatan, dimulai
dengan kemauan. Artinya, kemauan membangun kesejahteraan terhadap sesama, Teguh
membudi daya Menaklukkan semua angkara
02
Angkara
gung, neng angga anggung gumulung, gogolonganira triloka, lekere kongsi, yen den
umbar ambabar dadi rubeda.
Nafsu
angkara yang besar ada di dalam diri, kuat menggumpal, menjangkau hingga tiga
zaman, jika dibiarkan berkembang akan berubah menjadi gangguan.
03
Beda
lamun, kang wus sengsem reh ngasamun, semune ngaksama, sasamane bangsa sisip,
sarwa sareh saking mardi marto tama.
Berbeda
dengan yang sudah menyukai dan menjiwai,Watak dan perilaku memaafkan pada sesama
selalu sabar berusaha menyejukkan suasana,
04
Taman
limut, durgameng tyas kang weh limput, kereming karamat, karana karohaning sih,
sihing Sukma ngreda sahardi gengira.
Dalam
kegelapan.Angkara dalam hati yang menghalangi, Larut dalam kesakralan hidup, Karena
temggelam dalam samodra kasih sayang, kasih sayang sukma (sejati) tumbuh
berkembang sebesar gunung
05
Yeku
patut, tinulad-tulad tinurut, sapituduhira, aja kaya jaman mangkin, keh pramudha
mundhi dhiri lapel makna.
Itulah
yang pantas ditiru, contoh yang patut diikuti seperti semua nasehatku. Jangan
seperti zaman nanti Banyak anak muda yang menyombongkan diri dengan hafalan
ayat
06
Durung
pecus,kesusu kaselak besus, amaknani lapal, kaya sayid weton Mesir, pendhak-pendhak
angendhak gunaning janma.
Belum
mumpuni sudah berlagak pintar. Menerangkan ayat seperti sayid dari Mesir, Setiap
saat meremehkan kemampuan orang lain.
07
Kang
kadyeku, kalebu wong ngaku-aku, akale alangka, elok Jawane denmohi, paksa ngangkah
langkah met kawruh ing Mekah.
Yang
seperti itu termasuk orang mengaku-aku Kemampuan akalnya dangkal. Keindahan
ilmu Jawa malah ditolak. Sebaliknya, memaksa diri mengejar ilmu di Mekah,
08
Nora
weruh, rosing rasa kang rinuruh, lumeketing angga, anggere padha marsudi,
kana-kene kaanane nora beda.
tidak
memahami hakekat ilmu yang dicari,sebenarnya ada di dalam diri. Asal mau
berusaha sana sini (ilmunya) tidak berbeda,
09
Uger
lugu, den ta mrih pralebdeng kalbu, yen kabul kabuka, ing drajat kajating urip,
kaya kang wus winahyeng sekar srinata.
Asal
tidak banyak tingkah, agar supaya merasuk ke dalam sanubari. Bila berhasil,
terbuka derajat kemuliaan hidup yang sebenarnya. Seperti yang telah tersirat
dalam tembang sinom (di atas).
10
Basa
ngelmu, mupakate lan panemu, pasahe lan tapa, yen satriya tanah Jawi, kuna-kuna
kang ginilut triprakara.
Yang
namanya ilmu, dapat berjalan bila sesuai dengan cara pandang kita. Dapat
dicapai dengan usaha yang gigih. Bagi satria tanah Jawa, dahulu yang menjadi
pegangan adalah tiga perkara yakni;
11
Lila
lamun, kelangan nora gegetun, trima yen kataman, sakserik sameng dumadi, trilegawa
nalangsa srahing Batara.
Ikhlas
bila kehilangan tanpa menyesal, Sabar jika hati disakiti sesama, Ketiga; lapang
dada sambil
berserah
diri pada Tuhan.
12
Batara
gung, inguger graning jajantung, jenak Hayang Wisesa, sana paseneten Suci, nora
kaya si mudha mudhar angkara.
Tuhan
Maha Agung diletakkan dalam setiap hela nafas Menyatu dengan Yang Mahakuasa Teguh
mensucikan diri Tidak seperti yang muda, mengumbar nafsu angkara.
13
Nora
uwus, kareme anguwus-uwus, uwose tan ana, mung janjine muring-muring, kaya
buta-buteng betah nganiaya.
Tidak
henti hentinya gemar mencaci maki. Tanpa ada isinya kerjaannya marah-marah seperti
raksasa; bodoh, mudah marah dan menganiaya sesama.
14
Sakeh
luput, ing angga tansah linimput, linimpet ing sabda, narka tan ana udani,
lumuh ala ardane ginawe gada.
Semua
kesalahan dalam diri selalu ditutupi, ditutup dengan kata-kata mengira tak ada
yang mengetahui, bilangnya enggan berbuat jahat padahal tabiat buruknya membawa
kehancuran.
15
Durung
punjul, ing kawruh kaselak jujul, kaseselan hawa, cupet kapepetan pamrih,
tangeh nedya anggambuh mring Hyang Wisesa.
Belum
cakap ilmu Buru-buru ingin dianggap pandai. Tercemar nafsu selalu merasa
kurang, dan tertutup oleh pamrih, sulit untuk manunggal pada Yang Mahakuasa.ingkang ngersakaken file doc saged kaundhuh wonten mriki.